Cari Blog Ini

6 CARA MENGOPTIMALKAN FUNGSI OTAK


dr. Taufiq pasiak ( Ketua Neurosience Indonesia ) mangenalkan metode " ALISSA " untuk mengoptimalkan fungsi otak :
6 CARA MENGOPTIMALKAN FUNGSI OTAK
A.    AMANKAN
Selalu lindungi otak , karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik.walau dijaga oleh ber lapis lapis struktur , termasuk adanya cairan otak yang berfungsi sebagai shock absorber , otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik , penyakit ringan seperti flu memiliki potensi merusak otak kalau tidak di antisipasi dengan baik, banyak penyakit meningitis ( radang selaput otak ) di mulai oleh infeksi sederhana di telinga dan hidung.diantara penyakit – penyakit yang  dapat merusak otak adalah tumor otak, gangguan pembuluh darah, pengapuran dll, dan yang tak kalah pentinya adalah stres yang berkepanjangan, walaupun stres itu adalah reaksi normal tubuh , namun jika ia berlangsung lama justru akan merusak tubuh, dan organ yang paling parah dirusak adalah otak.
Pemberian gizi yang baik dan asupan kasih sayang yang melimpah termasuk dapat mencegah otak dari kerusakan permanen.
 L. LATIHAN FISIK
    Lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat.jika otot terlatih dengan baik , sirkulasi darah dalam tubuh juga berlangsung baik, artinya oksigen dan gula darah juga akan beredar dengan baik ke otak.sekitar 20 % aliran darah, 20 persen gula darah, kalau keperluan ini tak terpenuhi , maka si pemilik otak akan mengalami keadaan bingung hingga koma dan akhirnya mati , kekurangan oksigen dalam satu menit saja membuat otak kesulitan menyesuaikan diri , demikian juga jika kekurangan glukosa.
Latihan fisik paling baik jika melibatkan dua bagian tubuh, kiri dan kanan , secara seimbang, terutama jika jari jemari di libatkan secara intens, dengan cara ini dua belahan otak terstimulasi secara langsung. Dari semua bagian motorik tubuh , jari jemari dan lidah memiliki daerah pengaturan yang paling besar di otak.
Beberapa olah raga berikut dapat membuat otot senantiasa segar yaitu :
·        Berjalan
·        Berlari
·        Bersepeda
·        Melompat – lompat
·        Senam
·        Menari dan berdansa
·        Berjungkir balik
·        Berenang
·        Mendayung
·        Menggambar
·        Dll.
Untuk anak anak , terutama dibawah lima tahun , bergerak merupakan alat komunikasi yang paling jitu . selain latihan berbicara , bergerak merupakan cara yang paling murah untuk melatih otak.diantara cara yang dianjurkan adalah :
·        Memegang sesuatu
·        Memasukkan ke dalam lubang
·        Naik turun tangga
·        Berguling guling
·        Mencontek gambar
·        Dll.




I.                   INFORMASI DAN GIZI
Otak punya dua makanan 1. Zat gizi dan yang ke- 2 adalah informasi.makan secara eratur dapat membuat otak selalu segar . memberi berita berita baru juga membuat otak selalu selalu segar.
Informasi, terutama yang baru dan unik , serta makanan dengan zat gizi yang cukup , berperan sangat penting bagi otak. Pengaruhnya terutama pada pembentukan dan pengayaan sinaptik pada sel sel saraf . termasuk melapisi sel saraf sehingga menjadi kuat dan menjamin presisi dan akurasi informasi yang di kirim. Diantara hal hal yang penting untuk dilakukan adalah sbb :
·        Membaca kamus atau ensiklopedi setipa hari
·        Melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang baru.
·        Menghafal kata bahasa asing minimal satu kata setiap hari.
·        Mendengar berita berita yang bermanfaat.
·         Menonton acara televisi yang bermanfaat.
·        Menciptakan kata kata baru.
·        Melihat indeks dalam buku.
·        Menyimak kata kata dalam lagu.
·        Menerjemahkan kata kata asing.
·         Memulai dari akhir.
·        Menghirup aroma.
·        Melipat kertas.
·        Mencari dan mengurai gambar.
·        Mendobrak aturan main.
·        Berjalan mundur.
Untuk informasi , sebisa mungkin informasi yang masuk dan diakses adalah hal hal yang baru yang menantang, setiap hari harus ada informasi baru yang masuk , bagi otak sesuatu yang baru dapat menjadi sarana baginya untuk mempertebal kulit otak atau memperbanyak dendriteantar sel- saraf.
     Zat gizi , seperti omega – 3 dan omega – 6 , dapat menguatkan fungsi sel saraf sebagai booster bagi dirinya sendiri.zat zat ini menjadi salah satu penyusun dinding sel saraf dan pelapis sel saraf. Perlu di ingat ,mengonsumsi ikan dalam jumlah yang tepat dapat menyediakan zat zat yang penting bagi otak.
Selain itu otak juga membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.
S = SANTAI
       Buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi.
mempesona , atau yang lebih teknis dengan meditasi. namun , konsolidasi memori antar sel saraf terjadi optimal pada saat otot otot tubuh istirahat ( tidur ) .
Banyak penelitian berhasil membuktikan kekuatan musik untuk membawa penikmatnya ke dalam suasana tenang , musik klasik memberikan makanan bagi otak sebelah kanan , keseimbangan kedua belahan otak ini dapat membuat seseorang tenang , kelelahan mental timbul karena otak kiri yang dominan dipakai itu bekerja . selain itu musik memperlancar penyampaian pesan antara sel sel saraf . dendrit dan akson akan bertambah banyak.
 Selama ini memang musik klasik yang dianggap cocok bagi pengembangan otak , mereka yang meneliti beranggapan bahwa music klasik memiliki nuansa tertentu yang membuat otak kita cepat akrab dengannya, bisa karena jumlah ketukannya yang hampir sejalan dengan denyut jantung , maupun iramanya yang mirip bunyi –bunyian di alam , efect mozart , sangat cocok membuat seseorang bertambah IQ-nya.ada juga musik dapat mengembangkan 3 dimmensi otak yaitu : rasional, emosional intuitif dan spiritual.musik yang sebaiknya di dengar menurut DR. Taufiq Pasiak adalah musik yang dapat membantu kerja optimal dari 3 bagian penting otak yaitu :
1.     kulit otak ( cortex cerebri )
2.     sistem limbik
3.     batang otak ( truncus cerebri ).
Kulit otak merupakan pusat pikiran rasional , tempat memori dan kegiatan kognitif terjadi , jika kerjasama antara seluruh sel saraf dalam kulit otak berlangsung baik , maka fungsi kognitif pemiliknya akan menunjukkaaaaaan fungsi normal . optimalisasi terjadi melalui perbanyakan juluran saraf ( akson dan dendrit ) , pembesaran sel saraf , dan penebalan sel penyokong ( Sel Glia ) .
Sistem limbik , merupakan pusat pengaturan emosi , tempat keadaan yang kita sebut “ merasai “ itu dapat terjadi.musik harus dapat membuat kerja sama berlangsung antara sistem limbik dan kulit otak , jika seseorang sedang galau maka ia bisa mendapatkan ketenangan setelah mendengar musik.
Batang otak, tempat ini merupakan pusat yang mengatur fungsi fungsi otonomis tubuh, seperti denyut jantung, pernapasan, pembuluh darah , kewaspadaan, dan kesadaran.
Tertawa
Tertawa memiliki beberapa efect
1.     meningkatkan daya tahan tubuh
2.     menurunkan hormon hormon stres seperti kortisol
3.     membuat otot otot wajah bergerak, banyak tertawa membikin awet muda , karena otot otot wajah selalu segar.
Relaksasi
Relasasi adalah kegitan yang memadukan otak dan otot , otak yang lelah dibuat tenang dan otot yang tegang di buat rileks , jika seseorang melakukan relaksasi , maka puncaknya adalah fisik yang segar dan otak yang siap menyala kembali.karena itu relaksasi melibatkan komponen komponen penting tubuh yang secara terus menerus dipakai , seperti panca indra, pernapasan aliran darah , otak dan otot otot rangka.
Merenung
Merenung merupakan kegiatan otak yang memadukan otak rasional , otak emosional-intuitif, dan otak spiritual.jika rileksasi hanya melemaskan otak dan otot , maka merenung dapat membawa pencerahan pada otak.merenung memungkinkan pengembangan dimensi lain dari otak , merenung mengasah otak intuisi sehingga menjadi tajam.
Brainstorming
Ide ide kreatif datang ketika otak dalam keadaan tenang , penemuan penemuan penting dalam ilmu pengetahuan terjadi bukan saat seseorang sedang bersusah payah, justru saat ia memeram idenya itu . Otak manusia setiap hari dimasuki oleh beragam informasi yang kita butuhkan maupun yang tidak kita butuhkan , dari yang bernilai emas hingga yang bernilai sampah.mekanisme dalam otak memungkin sampah dan emas mengalami pencampuran yang tidak disadari . beberapa ide brilian justru lahir dari sesuatu yang sebelumnya kita anggap bernilai sampah.
Brainstrorming atau curah gagasan membuat anda mencurahkan semua yang dipikirkan otak anda , entah ada kaitan maupun tidak sama sekali dengan masalah yang anda hadapi , semua yang anda curahkan akan punya kaitan dengan yang anda hadapi.( unlimited 376 )
S. SOSIALISASI
Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa tikus tikus yang dipisahkan dari teman temannya –walaupun memiliki makanan , permainan, dan suasana yang sama , memilki kulit otak tipis dan hippocampus yang kecil . para peneliti menemukan bahwa bersosialisasi atau bergaul, dikalangan tikus saja , dapat membuat otak menjadi segar dan baik.
    Bagaimana dengan manusia?, berhubungan dengan orang lain adalah bawaan atau naturenya manusia.( unlimited hal 252 )
Bergaul , bercengkrama, berdiskusi , ngobrol juga dapat mengoptimalkan otak. Sosialisasi membuat semua organ perifer otak seperti indra indra , selalu terangsang. Bagian sentral , terutama kulit otak dan sistem limbik dapat bekerja secara baik.
           Dengan mengobrol rasa dan rasio dapat terangsang, jadi berbicara tidak saja menjadi bawaan alamiah , tetapi juga alat mengembangkan diri. Sosialisasi akan melatih kekuatan emosi ( EQ ) , kemantapan spiritual ( SQ ) dan kecerdasan rasio ( IQ ) . dengan bergaul , seorang anak dapat mencegah pembajakan emosi oleh amygdala yang membuatnya menjadi reaktif dan kasar . amygdala adalah bagian dari sistem limbik yang dapat membajak setiap informasi yang masuk ke otak sebelum kulit otak yang sadar menanggapinya. ( unlimited Hal 255 )
Jika kita menelusuri lebih jauh lagi , kita akan menemukan bahwa otak kita didesain sedemikian rupa untuk melakukan fungsi fungsi relasional, fungsi untuk senantiasa menjalin hubungan dengan orang lain , desain itu dibuktikan dengan adanya bagian bernama lobus frontal  , terutama cortex prefrontalis yang bekerja mendukung kegiatan sosial manusia , penderita stroke atau cidera otak frontalis ini akan menunjukkan gejala lumpuhnya kemampuan membina hubungan dengan orang lain , kalau ada hubungan itu biasanya hubungan yang hambar tanpa disertai perasaan dan keterlibatan emosi. Orang orang yang kehilangan rasa peduli pada kesulitan orang lain dapat juga dikategorikan sebagai orang lumpuh cortex prefrontalis –nya.karena kepedulian pada orang lain merupakan salah satu ciri kenormalan manusia.
Hal hal yang dapat meningkatkan fungsi sosial anak
1. Mengobrol
2. silaturrahim
3. berorganisasi
4. bermain
5.rekreasi bersama
6. menulis catatan harian( unlimited hal.363 )

A.    AKU MENCINTAI
Mencintai dengan tulus, karena ini ampuh melawan stres yang merusak otak.( MK. HAL.83 ).
Mencintai sangat baik bagi otak , bawaan manusia antara lain adalah need of affection , kebutuhan akan kasih sayang dan cinta dalam kehidupan , cinta yang paling baik adalah memberi daripada menerima. Sifat yang sangat ampuh merusak otak adalah iri, serakah dan sombong , pikiran negatif merusak otak dengan cara yang sangat ampuh.

Tidak ada komentar: